Beranda > Teknologi > Inilah 7 Produk Gagal Steve Jobs Saat di Apple

Inilah 7 Produk Gagal Steve Jobs Saat di Apple


Mantan CEO Apple Steve Jobs banyak mengeluarkan desain produk, tak semuanya berakhir baik. Berikut tujuh produk buatannya yang gagal secara komersil dan fungsional.

1. Apple III (1981)
Penerus Apple II yang populer ini fokus pada pengguna bisnis dan dihargai dengan pantas. Namun hardware ini tak dapat diandalkan. Apple kalah di pasar bisnisnya pada IBM PC yang diluncurkan di tahun sama dan dengan cepat meluaskan klon pasar PC.

2. Lisa (1983)
Komputer komersial pertama dengan tatap muka pengguna grafis ini dijual seharga US $9.995 (Rp85,7 juta). Namun perangkat ini langsung tenggelam dalam bayangan Macintosh yang lebih murah yang diluncurkan setahun kemudian.

3. Komputer NeXT (1989)
Jobs selalu berupaya membuat komputer lebih canggih dari masanya. Namun seperti Apple III dan Lisa, perangkat ini juga terlalu mahal untuk bisa diterima pengguna utama.

4. Puck Mouse (1998)
iMac baru merupakan produk utama sukses ciptaan Jobs pada 1996. Namun mouse perangkat ini berbentuk terlalu bulat dan pengguna tak mengerti bagaimana ‘merasakannya’ dan perangkat ini sulit digunakan.

5. Cube (2000)
Desktop mungil yang dibungkus kubus bening plastik ini berhasil memenangkan penghargaan desain, namun perangkat ini ‘berdebu’ di toko karena harga mahalnya. Selain itu, perangkat ini tak benar-benar menawarkan keuntungan bagi pengguna Mac. Ide perangkat ini muncul dari Mac Mini, Mac kecil yang lebih sukses dan kurang menarik.

6. iTunes Phone (2005)
Mudah melupakan iPhone bukanlah upaya pertama Apple masuk bisnis ponsel. Perusahaan ini bekerjasama Motorola membuat ROKR pada akhir 2005. Sebagai ponsel, perangkat ini tak terlalu menarik namun sebagai pemutar musik, perangkat ini sedikit di bawah iPod. Perangkat ini hanya mampu menampung 100 lagu dan proses pemindahan dari PC sangat lama. Beberapa orang bahkan menyebut ROKR ‘iPhone’.

7. Apple TV (2007)
Jarang sekali menemukan upaya setengah hati Apple. Jobs kemudian mengenalkan Apple TV sebagai ‘hobi’. Kotak kecil ini terhubung TV dan Mac. Remote kecil memungkinkan pengguna memainkan musik dan film dari PC di TV. Perangkat seharga US $249 (Rp2,1 juta) ini sulit dipasang dan digunakan. Pada 2010 seperti ditulis HuffPost, Apple mengenalkan versi yang jauh lebih baik dan lebih murah.

Sumber: http://m.inilah.com/read/detail/1769021/inilah-tujuh-produk-gagal-steve-jobs-saat-di-apple/

Kategori:Teknologi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: