Beranda > Teknologi > Ditemukan Planet yang Terbuat dari Berlian

Ditemukan Planet yang Terbuat dari Berlian


Sejumlah ahli astronomi melihat sebuah planet eksotik. Mereka berpikir telah menemukan bintang besar di Bima Sakti yang berubah menjadi sebuah planet kecil yang terbuat dari berlian.

Temuan itu bermula ketika tim peneliti dari sejumlah negara seperti Inggris, Australia, Jerman, Italia, dan Amerika Serikat mendeteksi sebuah bintang yang tidak biasa yang disebut pulsar.

Mereka lantas melanjutkan temuan itu dengan meneliti menggunakan teleskop dari sebuah observatorium di Cheshire, Inggris.

Hasil temuan itu membawa para peneliti menemukan daya tarik gravitasi dari pendamping kecil planet yang mengorbit pulsar.

Tim berpikir “planet berlian” adalah sisa dari bintang asli, yang sebagian besar tersedot ke pulsar. Pendamping planet itu luasnya kurang dari 40 ribu mil atau sekitar lima kali diameter bumi.

Hasil pengukuran menunjukkan planet yang mengorbit bintangnya setiap dua jam 10 menit ini memiliki berat lebih sedikit dibandingkan Jupiter, tapi 20 kali lipat lebih padat. Kepadatan yang tinggi menunjukkan tidak tampak unsur hidrogen dan helium.

Anggota tim peneliti Dr. Michael Keith mengatakan, »Sisa ini mungkin sebagian besar adalah karbon dan oksigen,” katanya seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis, 25 Agustus 2011.

»Sejarah evolusi dan kepadatan yang luar biasa dari planet menunjukkan itu terdiri dari karbon,” kata Matthew Bailes dari Swinburne University of Technology di Melbourne, Australia, seperti dikutip dari Reuters, Kamis, 25 Agustus 2011.

Kepadatan ini bisa berarti material tersebut sesuatu seperti kristal. Sebagian besar di antaranya mungkin sama dengan berlian.

Pulsar yang dijuluki PSRJ1719-1438 itu berjarak 4.000 tahun cahaya. Penemuan ini dilaporkan dalam jurnal Science.

Sumber: http://m.tempointeraktif.com/2011/08/26/353702/

Kategori:Teknologi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: