Beranda > Lain-lain, News > 5 Kiat Mengamankan Smartphone

5 Kiat Mengamankan Smartphone

Apakah kamu merasa tidak bisa lepas dari smartphone? Berikut sejumlah tips yang sebaiknya kamu lakukan untuk melindungi data-data yang kamu simpan di gadget favoritmu dari tangan jahil. Perlu diingat, smartphone modern seperti iPhone dan Google Android bisa lebih kompleks daripada komputer desktop dan ia memiliki risiko keamanan yang juga tak boleh dianggap remeh.

1. Gunakan PIN atau Password.
Untuk jaga-jaga bila suatu saat nanti ponselmu hilang atau dicuri orang, pasanglah PIN agar mereka tak bisa mengakses home screen ponsel pintar Anda. Dengan begitu data-data yang kamu simpan di dalam piranti tersebut akan terlindungi.

2. Pastikan tetap
up-to-date.
Baik Apple maupun Google, mereka sama-sama membuat update reguler pada sistem operasi smartphone yang mereka besut. Update ini termasuk tambalan (patch) untuk kerentanan keamanan yang baru ditemukan. Untuk itu, pastikan kamu tidak ketinggalan versi terbarunya.

3. Hati-hati
dengan Aplikasi
yang beredar.
Aplikasi untuk ponsel cerdasmu jumlahnya sangat banyak dan memiliki fungsi yang kadang menggoda. Namun jika kamu bukanlah ahlinya, lebih baik kamu men-downloadnya dari toko aplikasi resmi. Jangan sampai program jahat (malware) menelusup ke dalam pirantimu. Pastikan juga kamu mengecek review dari user sebelum mengunduhnya.

4. Matikan WiFi
dan Bluetooth.
Bila sedang tidak dipakai, matikan WiFi dan Bluetooth di ponselmu. Ada risiko hacker akan mengakses smartphone secara remote (jarak jauh) dan mengutak-atik isinya. Hal lain yang harus diperhatikan ialah saat memakai jaringan WiFi di tempat umum. Pastikan kamu berada di jaringan yang terenkripsi dan membutuhkan password.

5. Backup
datamu.
Terkadang, satu-satunya cara untuk melenyapkan virus yang bercokol di smartphone ialah dengan menghapus keseluruhan memory yang kamu miliki. Jika tak ingin data-datamu hilang, jangan malas untuk melakukan backup secara rutin baik terhadap kontak, pesan, foto hingga aplikasi-aplikasi.

Sumber: http://ictwatch.com/internetsehat/2011/02/24/5-kiat-mengamankan-smartphone/

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: